KEPALA KEMENAG KABUPATEN GRESIK APRESIASI PELAKSANAAN ANBK DI MAN 1 GRESIK

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer kembali diselenggarakan di MAN 1 Gresik. Kegiatan ANBK dilaksanakan pada tanggal 28—29 Agustus 2023. Total terdapat 45 peserta aktif dan 5 peserta cadangan.

Penunjukkan peserta ANBK di MAN 1 Gresik secara acak. Artinya setiap peserta yang terpilih menjadi peserta ANBK tahun ini murni dari pusat. Jadi tanpa ada campur tangan dari pihak madrasah.

40 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang mengikuti ANBK ditempatkan pada dua lab terpisah. 20 peserta utama dan 5 cadangan mengikuti ANBK di CBT 01, dan 20 peserta mengerjakan soal ANBK di CBT 02.

Selama dua hari, peserta ANBK MAN 1 Gresik mengerjakan soal yang beragam. Hari pertama peserta latihan soal selama 10 menit, literasi membaca selama 90 menit dan survei Karakter selama 30 menit. Sedangkan pada hari kedua peserta ANBK mengerjakan latihan soal selama 10 menit, numerasi selama 90 menit, dan survei lingkungan belajar selama 30 menit.

Pada hari kedua, MAN 1 Gresik mendapatkan kunjungan khusus dari Kepala Kemenag Kabupaten Gresik Drs. H. Moh. Ersat, M.H.I. beliau mengunjungi satu persatu ruangan CBT 01 dan CBT 02. Selama melihat langsung proses ANBK berlangsung beliau didampingi kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Sesekali beliau menanyakan langsung kepada peserta ANBK terkait proses pengerjaan soal ANBK.

Kepala Kemenag yang pernah menjabat sebagai Humas Kanwil kemenag jawa Timur tersebut juga mengapresiasi atas pelaksanaan ANBK di MAN 1 Gresik yang menurutnya berjalan lamcar. Hal itu tampak dari ketertiban siswa dalam mengerjakan soal. Selain itu selama mengerjakan soal ANBK tidak ada kendala berarti terkait jaringan.

Leave a Comment